Sunday, December 18, 2016

Review Manajemen Pustaka JIBAS bagian 6

Review Manajemen Perpustakaan JIBAS(Menu Pengaturan)

Menu Utama JIBAS
Menu Utama JIBAS
Lanjutan pembahasan pada bagian ke enam ini adalah menu terakhir di manajemen perpustakaan JIBAS. Pada artikel kali ini hanya membahas secara garis besar saja terlebih dahulu, pada demo JIBAS menu ini disebut menu pengaturan yang berisi 7 sub menu yaitu :

    • Daftar Anggota Non Sekolah, pada menu ini adalah berfungsi untuk memasukan anggota baru ke dalam sistem perpustakaan JIBAS. Data - data pada anggota bagian ini ditampilkan pada menu Pengembalian dan Peminjaman di review sebelumnya. Kelebihan lainya pada menu ini adalah mudahnya orang atau individu luar sekolah untuk melalukan peminjaman dan pengembalian pustaka pada perpustakaan yang terdaftar di JIBAS sebelumnya

    • Hak Akses pengguna, orang yang bertindak sebagai admin pada manajemen perpustakaan JIBAS ini berhak memberikan hak akses kepada anggota yang terdaftar di sistem JIBAS ini dengan aturan yang dibuat. Pada dasarnya menu ini berisi tentang keterangan jabatan atau pekerjaan dari anggota perpustakaan.

    • Ubah Password, sesuai nama sub menu ini kegunaanya adalah menggubah password atau sandi dari anggota yang terdaftar pada sistem perpustakaan JIBAS ini.

    • Konfigurasi Maksimal Jumlah Peminjaman, sub menu ini adalah untuk melakukan pengaturan terhadap jumlah yang dapat dipinjam dari masing - masing anggota (pegawai, siswa, anggota non sekolah). Peminjaman disini adalah jumlah buku yang bisa dipinjam dalam sekali waktu. Selain itu juga adanya pengaturan denda terhadap keterlambatan pengembalian pustaka oleh semua anggota yang terdaftar.

    • Konfigurasi Waktu Peminjaman, sub menu ini fungsinya sama seperti pada sub menu Konfigurasi Maksimal Jumlah Peminjaman. Disini admin bisa mengatur jumlah lamanya peminjaman setiap pustaka atau buku yang dapat dilakukan oleh anggota (pengaturan dalam hitungan hari) dan pengaturan antar anggota (pegawai, siswa, non sekolah) dapat diatur masing - masing lama peminjamanya.

    • Konfigurasi Header Dokumen, hampir sama seperti penggunaan barcode yaitu untuk memberi identitas pada masing.

    • Query Error Log, berfungsi untuk melihat kesalahan - kesalahan pada sistem yang mirip seperti penggunaan history pada browser komputer.

Sekian review untuk menu pengaturan kali ini, selanjutnya akan dibahas secara lebih detail pada 2 artikel selanjutnya, selalu cek blog kami gan.................

No comments:

Post a Comment