Saturday, December 17, 2016

Lewat Aplikasi ini,Orang Tua Mudah Pantau Aktivitas Anak di Sekolah





JIBAS SMS GATEWAY

Pendidikan merupakan hal terbesar yang selalu diutamakan oleh para orang tua. Untuk itu orang tua memegang peranan yang sangat penting dalam membimbing dan mendampingi anak dalam kehidupan keseharian anak dirumah maupun disekolah. Pengawasan orang tua terhadap perkembangan akademis anak juga menjadi hal yang tidak boleh luput. Melihat hal tersebut , perlu adanya komunikasi  antara pihak sekolah dan orang tua/ wali. Di Indonesia sendiri,  sekolah mewajibkan agenda pertemuan orang tua/wali    saat pembagian raport anak di setiap akhir semester. Tujuan nya adalah orang tua mendapatkan informasi mengenai hasil proses belajar anak di sekolah sekaligus mengetahui perkembangan anak di setiap semester nya. Namun, terkadang hal ini juga tidak sepenuhnya berjalan maksimal, karena tidak jarang orang tua yang tidak sempat 'menjemput' rapor anaknya di sekolah, dikarenakan kesibukan orang tua bekerja dan alasan lainnya.
Di era serba teknologi seperti saat ini, masalah tersebut dapat diatasi dengan Teknologi SMS Gateway. Apa itu SMS Gateway? SMS Gateway adalah teknologi pengiriman dan penerimaan pesan yang dilakukan oleh aplikasi komputer. Saat ini SMS Gateway sering dioperasikan untuk kebutuhan bisnis dan komersial, seperti promosi, penyebarang konten produk hingga service informasi untuk pelanggan. SMS Gateway ini juga dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan. Kemudahan SMS Gateway ini juga sudah banyak dimanfaatkan untuk memenuhi fasilitas pendidikan pada aspek teknologi informasi.

Seperti yang sudah Saya ulas pada artikel sebelumnya, Sistem Informasi JIBAS (Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah) juga memiliki fitur SMS Gateway. SMS Gateway pada JIBAS memungkinkan sekolah dapat berinteraksi dengan orangtua/wali peserta didik untuk memberika informasi hasil belajar (rapor) ataupun mengetahui aktivitas- aktivitas yang dilakukan peserta didik di sekolahan. Berikut  informasi- informasi yang ditangani SMS Gateway JIBAS :

1. Presensi

    Orang tua dapat informasi presensi anak di sekolah,jadi tidak ada alasan jika anak bohong mengenai        kehadirannya di sekolah

2. Penilaian

Orang tua mendapat informasi mengenai hasil belajar anak, meliputi kuis, ulangan harian ,tugas dan hasil ujian akhir

3. Pengumuman

Orang tua mendapat informasi mengenai agenda- agenda di sekolah ataupun pengumuman sekolah lainnya.

Untuk penjelasan selengkapnya Anda dapat melihat ulasan SMS Gateway JIBAS di video ini. Untuk tutorial download dan konfigurasi dapat dilihat disini atau demo langsung di situs www.jibas.net .

No comments:

Post a Comment