Tuesday, December 13, 2016

Cara Praktis Konfigurasi JIBAS SMS Gateway

Cara Praktis Konfigurasi JIBAS SMS Gateway di Windows

 Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dalam mengatur atau mengkonfigurasi aplikasi JIBAS SMS Gateway secara mudah dan praktis, untuk lebih jelasnya silahkan langsung saja lihat langkah-langkah di bawah ini.


SMS Gateway
JIBAS SMS Gateway

  1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasi JIBAS SMS Gateway di situs resminya jibas.net atau bisa langsung klik link di sini. 
  2. Buka folder tempat dimana anda menaruh hasil download tadi, kemudian jalankan/install terlebih dahulu aplikasi yang sudah di download tersebut.
  3. Tancapkan modem USB GSM/CDMA yang ingin anda gunakan sebagai nomor SMS Gateway ke port USB pada komputer, pastikan untuk menginstall driver modem nya terlebih dahulu sesuai dengan instruksi masing-masing jenis dan merek modem.
  4. Kemudian periksa nomor port dan baudrate atau kecepatan maksimal port yang digunakan modem pada device manager.

    Nomor port dan kecepatan maksimal port
     
  5. Buka aplikasi Jibas SMS Gateway.
  6. Lalu pindahlah navigasi anda pada tab konfigurasi.
  7. Pada tab konfigurasi pilihlah sub tab modem, lalu aturlah port interface modem dan kecepatan maksimal port sesuaikan  dengan apa yang anda lihat pada tahap nomor 4, setelah itu klik tombol simpan dan terapkan.

    Pengaturan port dan kecepatan port JIBAS SMS Gateway
  8. Kemudian pindah navigasi anda ke tab database, masukkan semua pengaturan database yang sudah anda buat sebelumnya agar aplikasi dapat mengakses database anda, klik tombol simpan dan terapkan.

    Pengaturan database JIBAS SMS Gateway
  9. Setelah semua konfigurasi dilakukan dengan benar maka saatnya melakukan pengujian dengan masuk ke menu pemantauan lalu klik tombol start.

    Status JIBAS SMS Gateway

    Jika tidak ada kesalahan dalam konfigurasi maka akan tampil status seperti gambar di atas.

Mungkin cukup sekian panduan konfigurasi JIBAS SMS Gateway yang saya bahas, jika ada pertanyaan lebih lanjut silahkan comment pada tempat yang telah disediakan di bawah, terimakasih.

No comments:

Post a Comment