Wednesday, December 14, 2016

Review Manajemen Pustaka JIBAS Bagian 2

Review Manajemen Perpustakaan JIBAS
(Menu Pustaka)

Halaman Utama JIBAS
Halaman Utama JIBAS

Pada review kali ini akan membahas pada menu kedua pada manajemen perpustakaan JIBAS yaitu menu Pustaka. Dalam menu pustaka terdapat 3 fitur yaitu menambah, mencari, dan melihat katalog buku yang sudah diinput ke dalam sistem JIBAS pada masing - masing sekolah. Inti dari menu ini adalah mengatur buku" yang masuk kedalam sistem agar terdata dan mudah dicari serta dapat ditelusuri seberapa sering buku tersebut dipinjam dari perpustakaan dan oleh siapa dan waktu peminjaman dari buku tersebut.

Halaman Utama Menu Pustaka

Menu utama pustaka
Menu Pustaka
 Pada menu ini terdapat 3 fitur yaitu :

  1.  Pustaka Baru, berfungsi untuk membuat daftar buku baru kedalam sistem atau mendaftarkan katalog baru kedalam sistem yang belum terdaftar sebelumnya.
  2.  Cari Pustaka, berfungsi untuk mencari buku yang telah terdaftar kedalam sistem JIBAS ini sesuai permintaan user.
  3.  Daftar Pustaka, berfungsi untuk menampilkan seluruh buku yang terdaftar ke dalam sistem dengan urutan atau pengelompokan sesuai kategori yang dipilih atau dimasukan pada pustaka baru.

 Pustaka Baru

Pustaka Baru
Pustaka Baru
Pembahasan : Pada menu atau fitur ini berfungsi untuk menambahkan buku atau pada JIBAS disebut pustaka ke dalam sistem JIBAS. fitur" yang menjadi pilihan adalah
- keyword untuk mempermudah pencarian.
- abstrak untuk memberikan preview atau gambaran terhadap buku.
- Gambar untuk menambahkan wujud buku
- Serta katalog berfungsi untuk mempermudah pengelompokan buku.

Cari Pustaka 

Cari Pustaka
Cari Pustaka

Pembahasan : Pada cari pustaka user memberikan perintah atau input kepada sistem JIBAS untuk mencari buku atau pustaka sesuai kriteria yang dimasukan oleh user, dan pada menu ini memiliki fitur untuk mencetak dalam bentuk hard copy atau print out dari hasil pencarian.

Daftar Pustaka 

Daftar Pustaka
Daftar Pustaka
Pembahasan : Pada menu Daftar Pustaka, JIBAS menampilkan semua buku atau pustaka yang terdapat pada katalog yang ada pada setiap buku. Katalog tersebut sebelumnya telah diinputkan pada menu Pustaka Baru. Dan pada demo JIBAS bisa menampilkan lebih dari satu perpustakaan pada satu sistem (contoh : perpustakaan SMP, Perpustakaan TK, perpustakaan SD) sehingga mempermudah dan mempersingkat waktu pencarian.

  • Kesimpulan

 Pada menu Pustaka terdapat 3 sub menu yaitu Pustaka Baru, Cari Pustaka, Daftar Pustaka. Semua dari sub menu tersebut berfungsi untuk membuat, mencari, dan menampilkan semua buku atau pustaka yang telah diinputkan oleh pengguna ke dalam sistem JIBAS ini dan hasil pencarian atau pustaka yang ada di dalam sistem bisa di cetak atau print out sehingga mempermudah penggunaan data di luar sistem.
Review selanjutnya tentang statistika peminjaman pada pustaka, sekian gan...............



No comments:

Post a Comment