Sunday, December 18, 2016

5 Software Pendidikan Lengkap Penunjang Kebutuhan Siswa

1. Geschool

Geschool.net adalah website jejaring sosial edukasi. Sebagaimana jejaring sosial lainnya, geschool.net bertujuan untuk pertemanan dengan berbagai fiturnya dan geschool.net menggabungkan kemampuan jejaring sosial Facebook dan Twitter sehingga sangat layak untuk menjadi media sosial baik pelajar maupun masyarakat secara luas. Basis utama dari geschool.net adalah tersedianya pembelajaran online yang lengkap yang dirancang sedemikian rupa untuk dapat belajar kapan saja dimana saja seiring aktivitas sosial seseorang. 

Fitur yang diberikan :
1.Gebook
Layanan ini menyediakan berupa materi seperti buku. Dalam pelayanannya terdapat semua mata pelajaran yang komplit dari materi kelas 1 Sekolah Dasar hingga Sekolah Atas. Poin setiap melalkukan Gebook antara 10 hingga 20 poin.
2.Getop
Layanan ini menyediakan latihan soal. Layanan ini pun sama komplitnya. Setelah menjawab semua latihan soal yang disediakan,anda bisa langsung mengetahui nilainya dengan mengklik koreksi. Poin Getop yaitu 20.
3.Getube
Layanan ini berupa video dan dapat didengar denagna memasang headset/speaker.
4.Getrol
Layanan ini pun sama halnya dengan getop,hanya saja getrol harus daftar terlebih dahulu dan pelaksanaannya pun secara bersamaan dalam waktu yang telah di tentukan.

kelebihan
  • dapat ditambah lebih banyak mata pelajaran.
  • Gebook kategori umum yang masih kosong dapat diisi dengan pengetahuan-pengetahuan populer (diluar kurikulum) dan menarik, sehingga wawasan pelajar dapat diperluas.
  • Di fasilitas Getube terdapat penjelasan teori matematika
  • menggabungkan kemampuan jejaring sosial facebook dan twitter
  • cara mengunakannya cukup mudah
  • menunya tertata rapi dan  terdapat penjelasan untuk fitur menu yang ada itu

kekurangan
  • mata pelajaran yang tersedia tidak lengkap/terbatas


2. STUDENT BOOK

Secara singkat, boleh dibilang inilah 'Facebook' untuk para pelajar. Yang menarik, situs jejaring sosial ini tidak hanya melayani para pelajar, tetapi juga menghubungkan orangtua murid dan gurunya sekaligus.

Asyiknya lagi, sistem Studentbook ini dilengkapi dengan SMS notifikasi perkembangan akademik siswa kepada orang tua masing-masing yang dikirim setiap hari melalui telepon selular mereka. Keuntungan dari SMS notifikasi ini adalah orang tua bisa memantau secara penuh perkembangan akademik anaknya di sekolah.


Melalui SMS notifikasi ini orang tua selalu mendapatkan up-date harian tentang absensi siswa (setiap jam pelajaran), tugas-tugas (PR) yang diberikan, materi-materi yang sudah diajarkan, pelajaran yang perlu disiapkan, saran dari guru, dan pengumuman-pengumuman resmi dari sekolah.
Keunggulan    :
  • Terdapat calender/kalender untuk menyusun jadwal
  • SMS notifikasi perkembangan akademik siswa kpd orang tua
  • Ulangan online
  • UX experience optimal

Kekurangan            :
  • Hanya menggunakan Bahasa Inggris
3. Siap Sekolah

SIAP SEKOLAH adalah sebuah layanan online yang dirancang khusus untuk memudahkan pengguna dalam mengelola dan mengakses administrasi akademik sekolah secara online seperti absensi siswa, penjadwalan mata pelajaran, laporan hasil belajar (raport), pengelolaan data guru, dan laporan sekolah yang sesuai dengan standar nasional. Layanan ini juga berfungsi sebagai sistem pendukung keputusan pendidikan dan analisis data.

Layanan yang diberikan :

1. Pengelolaan Data
SIAP Sekolah mengelola catatan personal tentang staf, guru, siswa dan orang tua sebagai komunitas sekolah Anda beserta atribut-atributnya. 
2. Media Komunikasi
Dengan email terpadu, penjadwalan dan berita/pengumuman SIAP Online akan menjadi pusat komunikasi bagi seluruh komunitas sekolah.
3. Rekam Jejak Siswa
Dengan pengelolaan data yang terintegrasi dan terpadu, SIAP Sekolah memungkinkan pihak sekolah untuk senantiasa dapat memantau perkembangan siswa mulai dari proses pendaftaran (PSB) hingga alumni. 
4. Pengelolaan Akademik
SIAP Sekolah diberikan bagi sekolah untuk memenuhi seluruh layanan sistem informasi akademik semisal keseluruhan jadwal pelajaran, jadwal penggunaan kelas, manajemen peserta didik, sistem penilaian dan lain sebagainya. 
Kelebihan
  • Daftarnya mudah
  • Tidak rumit
  • Memiliki banyak fitur
  • Enak digunakan untuk komunitas

Kekurangan
  • Tampilan kurang menarik
  • Banyak iklan yang tidak penting

4. Goesmart

Goesmart adalah jejaring sosial berbasis pendidikan yang digagas oleh e-Indonesia Initiatives Forum. Situs ini telah memiliki basis pengguna sekitar 25.000 orang yang terdiri atas pelajar, mahasiswa, dan pengajar yang tersebar di seluruh Indonesia
Goesmart memiliki fungsi sama persis seperti facebook, yang mana di dalamnya kamu bisa berteman dengan siapa saja, update status, upload foto dan mengomentari sesama user, goesmart juga bisa membuat soal sesuai mata pelajaran yang hanya bisa dibuat jika kamu berstatus guru. bahkan kamu bisa membuka kelas diskusi kamu sendiri.

Fitur yang di berikan :
  • ruang diskusi
  • collaborative learning
  • k-store
  • soal
  • materi
  • Berita

Kelebihan :
  • Terdapat banyak fitur
  • Banyak menyediakan fitur untuk refreshing
  • Banyak materi dan juga soal-soal latihan
  • Juga bisa melakukan banyak diskusi dengan banyak teman yang lain

Kekurangan :
  • Terkadang materi maupun soal menunggu dari postingan orang lain


5. JIBAS
JIBAS (Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah) adalah sebuah CMS (Content Management System) yang dibuat oleh Yayasan Indonesia Membaca dan bertujuan untuk memudahkan lembaga sekolah untuk memanajemen sistem informasi akademik, keuangan, perpustakaan, kepegawaian, pelaporan, dsb. JIBAS juga dibuat untuk memudahkan guru maupun orangtua untuk mengkontrol siswa dengan bantuan SMS Gateway. JIBAS juga sudah terintegrasi dengan FingerPrint untuk absensi personal

Fitur yang diberikan  :
  • JIBAS Keuangan


    JIBAS Keuangan Modul berisi tentang  pengelolaan transaksi keuangan sekolah, modul ini membantu dalam pengelolaan penggajian guru, pengelolaan dana yayasan, pengelolaan dana bos, iuran siswa, sumbangan wajib, sumbangan rutin hingga manajemen tunggakan. Jika anda ingin lebih tahu mengenai modul keuangan di JIBAS anda bisa melihat cari tahu disini 


    Tampilan Sistem Informasi Keuangan di JIBAS
    sumber : www.jibas.net

    2. JIBAS Perpustakaan


    JIBAS Perpustakaan ,merupakan modul  untuk manajemen perpustakaan sekolah. Modul ini menangani proses peminjaman, pengembalian sampai dengan manajemen denda . Anda bisa melihat panduan bagaimana JIBAS mengelola perpustakaan.
    Tampilan Sistem Informasi Perpustakaan di JIBAS
    sumber : www.jibas.net

    3. JIBAS Pelaporan

     Fitur ini disebut  juga sebagai Executive summary report”.Membantu dalam memberikan laporan ekslusif  orang-orang yang berkepentingan dan bertanggung terhadap proses pendidikan seperti kepala sekolah, pengawas dan penilik, kepala dinas, serta orangtua. Dengan adanya modul ini orang tua dapat memantau proses belajar mengajar di sekolah sang buah hati. Modul ini juga memberikan laporan  berupa  informasi kepegawaian, keuangan sekolah, perpustakaan dan lain- lain secara mendetail
    Tampilan Sistem Informasi Pelaporan di JIBAS
    source : www.jibas.net

    4. JIBAS Akademik

    Pelayanan yang ditangani JIBAS Akademik :
    1. Fitur Penerimaan Siswa Baru meiliputi Pendataan calon siswa, penempatan calon siswa yang diterima di kelas baru, laporan statistik penerimaan siswa baru
    2. Fitur Guru & Pelajaran yaitu berkaitan dengan penentukan jenis-jenis pengujian pelajaran untuk setiap guru, penentukan bobot penilaian setiap jenis pengujian untuk setiap guru , pembuatan RPP (Rencana Program Pembelajaran) yang dapat diakses siswa
    3. Fitur Pembuatan Jadwal Belajar Mengajar hingga penyusunan Kalender Akademik
    4. Fitur Pendataan Siswa yang meliputi pendataan siswa, pindah kelas, laporan Statistik kesiswaan
    5. Fitur Presensi Guru & Siswa termasuk presensi harian atau pelajaran, laporan presensi: per siswa, per kelas, siswa yang tidak hadir, statistik presensi per siswa dan kelas
    6. Fitur Penilaian termasuk di dalamnya menangani pendataan nilai ujian, perhitungan otomatis rata-rata nilai per siswa dan per kelas, perhitungan otomatis nilai rapor berdasarkan bobot pengujian, pencetakan laporan nilai rapor siswa
    7. Fitur Kenaikan & Kelulusan yaitu berisi penempatan siswa di tingkat dan kelas yang baru dan pendataan alumni 
    8. Fitur Mutasi Siswa untuk  pendataan siswa yang mutasi.

    5JIBAS Info Guru 

    Fitur ini memungkinkan guru untuk terlibat langsung dalam pengoperasian JIBAS. Pada fitur ini guru dapat berinteraksi dengan peserta didik,melihat informasi mengenai sekolah. Masih banyak lagi fasilitas yang dapat di akses guru dalam penggunaan aplikasi JIBAS ini.
    Tampilan fitur Info Guru di JIBAS
    source : www.jibas.net

    6. JIBAS Info siswa

    Fitur ini memungkinkan siswa untuk berkomunikasi antar siswa bahkan guru,selain itu siswa juga dapat melihat buletin sekolah secara berkala.

Kekurangan
  • Proses masuknya membutuhkan waktu lama
  • UX Design Kurang Menarik
Kelebihan
  •  Lengkap
  • Pendaftaran anggota mudah


No comments:

Post a Comment