Sunday, December 18, 2016

GoeSmart, Inovasi Metode Belajar Berbasis Media Sosial

GoeSmart


Jalur virtual komunikasi jejaring sosial semacam Facebook dan twitter tidak lagi harus mengandalkan tatap muka langsung namun dengan mengandalkan jejaring sosial kita bisa mengaksesnya dimanapun kita berada. goesmart.com hampir sama dengan jejaring sosial laninnya namun bedanya situs goesmart.com dapat dimanfaatkan untuk saling bertukar materi pelajaran sekolah. Tujuannya  situs jejaring sosial ini benar-benar menampilkan fitur-fitur yang berhubungan dengan edukasi.Salah satu nya yaitu para guru dapat mengunggah materi pelajaran ke situs tersebut dan murid bisa memelajarinya sebagai materi tambahan selain yang didapat dari sekolahDi dalam situs itu juga disediakan fitur ruang berdiskusi yang memungkinkan murid dan guru berinteraksi langsung.

4 fitur utama pada goesmart.com :

1. G-Messenger



G-Messenger merupakan aplikasi forum diskusi dan chat yang diperuntukkan bagi pengguna mobile phone. Di dalam aplikasi ini, selain dapat chatting sebagaimana biasanya juga dapat melakukan forum tanya jawab dan diskusi terkait suatu mata pelajaran. Diskusi dapat dilakukan antara guru dan siswa maupun antara siswa dan siswa lainnya. Sementara ini, g-messenger baru dapat digunakan untuk sistem operasi Android dan ke depan terus dikembangkan untuk para pengguna BlackBerry dan iPhone.

2. K-Store


K-Store merupakan kependekan dari Knowledge Store yang berisi tentang konten materi ajar digital untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK. Konten materi ajar dibuat oleh guru-guru maupun pengajar pada setiap mata pelajaran terkait dengan validasi isi materi disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku sehingga kualitas konten dapat terjaga

3. Latihan Soal


Fitur yang berisi latihan-latihan soal dengan beberapa menu pengerjaan dan pembahasan. Soal-soal yang ada ditulis oleh guru maupun pengajar yang terdaftar di akun goesmart. Latihan soal ini dapat dipergunakan untuk latihan sehari-hari siswa dalam mengasah pengetahuan di keseharian tanpa terbatas waktu karena dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. 

4. Materi

Fitur materi ini berisi materi ajar dalam bentuk tulisan atau artikel. Materi-materi telah disesuaikan dengan materi yang disampaikan di sekolah mengikuti kurikulum yang berlaku di tiap-tiap jenjang pendidikan sekolah formal di Indonesia. Fitur materi ajar ini ditulis oleh guru maupun pengajar yang telah tervalidasi. 

Fitur lain yang terdapat di dalam goesmart.com ialah ngobrol yang menyediakan fasilitas untuk chatting, Peringkat, Rapor, Album Alumni, Book Viewer, Soal Latihan, Materi, Badge, dan Kompetisi.
Diharapkannya, situs ini menjadi sarana pendidikan bagi para murid dari kalangan tidak mampu yang terpaksa putus sekolah dengan menggratiskan akses pada tempat-tempat tertentu.
Buat kamu  yang mengaku pelajar yang memiliki intelektual dalam memanfaatkan jejaraing sosial, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan situs goesmart.com sebagai strategi menambah kemajuan pendidikan dalam dunia virtual. Semoga bermanfaat dan mengedukasi.

No comments:

Post a Comment