Sunday, December 18, 2016

MEMINDAHKAN FILE INSTALLAN JIBAS DARI C KE D/E



Melakukan Instalasi Jibas dapat dilakukan menggunakan Installer yang sudah disediakan oleh jibas.net dalam bentuk *.exe untuk mesin windows. Instalasi dilakukan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Namun, secara default jibas akan diletakkan pada drive C:/, dimana sistem operasi kita berada, hal ini sangat berbahaya bagi saya pribadi, bagaimana kalau tiba-tiba komputer rusak atau lebih parah adalah ketika terserang virus, jika kita langsung melakukan instalasi ulang windows, maka master dari jibas akan hilang.

Oleh karena itu, saya pribadi memindahkan instalasi Jibas ke drive D: atau E: atau seterusnya secara manual, sehingga jika komputer kita terserang virus atau mati mendadak, data-data didalam jibas masih tetap aman.


Yang perlu kita lakukan untuk memindahkan instalasi adalah memindahkan path-path yang sebelumnya telah di set oleh jibas. Dari yang drive sebelumnya ke drive yang akan dituju.

Pertama, matikan semua servis yang berjalan dengan membuka xampp-control dan mematikan servis apache, mysql, dll.

Daftar file-file yang perlu di ganti pathnya adalah :
  1. apache/conf/http.conf
  2. apache/conf/extra/* (seluruh file yang ada didalam folder extra)
  3. mysql/mysql.ini
  4. php/php.ini
Buka file-file diatas menggunakan editor kesukaan anda, saya menggunakan notepad++. Tekan CTRL + F untuk melakukan FIND AND REPLACE.

Untuk file "php.ini" menggunakan pencarian seperti ini "C:\YIM\" dan melakukan Replace dengan kata "D:\YIM\". (Perbedaan terletak pada tanda pada path)

Klik pada tab "Replace", masukan "C:/YIM/" pada kolom Find what dan "D:/YIM/" pada kolom Replace with. tekan "Find Next" untuk melakukan pencarian kata dan tekan "Replace" untuk menggantikan kata yang terpilih pada notepadd++, lakukan hingga mencapai keseluruhan file yang anda buka. Ulangi langkah ini untuk semua file diatas.

Kemudian copy folder "YIM" ke drive D:/ anda, coba jalankan jibas dengan membuka xampp-control dan menjalankan servis apache dan mysql, coba aplikasi jibas anda di localhost. Jika tampilan normal maka anda telah berhasil memindahkan instalasi jibas dari C: ke D:.

Terimakasih….

No comments:

Post a Comment