Sunday, December 18, 2016

SISKO, Cara Cepat Menuju Sekolah Hebat


Sebelumnya di blog ini sudah menjelaskan tentang JIBAS yaitu Jaringan Bersama Antar Sekolah. Selain JIBAS, di Indonesia juga mempunyai sistem informasi sekolah lainnya yaitu SISKO. Apa itu SISKO?  Apa saja  fitur- fitur SISKO? Berikut ulasan mengenai  SISKO .



SISKO 


SISKO (Sistem Informasi Sekolah) adalah Program Komputer berupa Software Sistem Informasi Manajemen Sekolah berbasis web sebagai solusi Administrasi Terpadu untuk Sekolah, yang mencakup berbagai modul terintegrasi dan bersifat Multiuser sehingga SISKO dapat diakses oleh semua Siswa, Guru dan Karyawan di sekolah.
SISKO menyediakan sistem pemrosesan data yang terpadu sehingga dapat membangun interkoneksi hasil masukan dari modul-modul yang ada sehingga mampu memberikan kemudahan penyajian informasi. Penyebaran atau penyampaian informasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan intranet maupun internet sehingga informasi . 

10 FITUR PENTING SISKO :




Modul Kesiswaan

Modul Kesiswaan merupakan salah satu yang paling utama dari semua modul. Modul ini menyediakan fasilitas mulai dari Penerimaan Siswa Baru, pendistribusian siswa ke kelas, pembuatan buku induk, bimbingan dan konseling, sampai dengan statistik. Semua data di dalam menu ini sangat diperlukan karena sangat menyangkut data pribadi masing-masing siswa.

Modul Kurikulum & Penilaian

Pada Modul Kurikulum ini terdapat semua hal yang berhubungan langsung dengan kurikulum seperti pembuatan jadwal otomatis, presensi siswa, data ekstrakurikuler, penilaian siswa, kalender akademik sampai dengan pembuatan rapor.



Sistem Pencatatan Data Kepegawaian

Modul Kepegawaian khusus untuk bagian administrasi (tata usaha) yang mengurus data administrasi piket pegawai, data guru dan karyawan, penilaian guru dan karyawan, dan juga kenaikan gaji berkala. Semua data yang berhubungan dengan guru maupun karyawan dimasukkan dalam modul ini.

Sirkulasi Perpustakaan

Pada Modul Perpustakaan, semua hal yang berhubungan langsung dengan data buku perpustakaan, peminjaman buku, pengembalian buku, sistem denda, pencarian buku termasuk fasilitas pemesanan buku perpustakaan dapat di lihat pada menu ini.

Pencatatan Data Alumni

Modul ini berfungsi untuk mencatat semua data siswa yang pernah dan telah menyelesaikan studinya dan menjadi alumni dari sekolah yang bersangkutan.


Modul Tata Usaha & Humas

Modul Humas lebih dikhususkan untuk bagian administrasi (tata usaha) yang mengurus surat masuk dan surat keluar, buku tamu, serta pembuatan berita sekolah dan pengumuman.

Sistem Inventarisasi
Modul Inventaris lebih dikhususkan untuk bagian inventaris yang mengurus pencatatan inventarisasi sekolah yang mencakup 4 model inventaris yaitu; model inventaris 2 tentang tanah, model inventaris 3 tentang gedung, model inventaris 4 tentang kendaraan bermotor, dan model inventaris 6 tentang barang.


Modul Keuangan

Modul ini berfungsi untuk membantu sekolah melakukan pencatatan aliran kas yang mencakup pendapatan dan pengeluaran, serta memantau kondisi keuangan sekolah.


Student Access Terminal

Fitur khusus untuk siswa dan orang tua siswa untuk login ke SISKO dan mengakses data-data pribadinya seperti nilai, informasi pembayaran spp, informasi presensi, informasi peminjaman buku perpustakaan, dan berbagai data penting lainnya.



Monitoring dan Evaluation
Fitur khusus untuk organisasi atau yayasan yang dapat digunakan untuk mengawasi dan mengevaluasi semua data dan performa sekolah-sekolah yang dinaungi dan dikelolanya.

Setalah mengetahui keunggulan JIBAS dan SISKO, kita jadi tau keunggulan  masing- masing kedua Sistem Informasi ini.


sumber : www.sisko-online.com
                www.kamadeva.com


No comments:

Post a Comment