Thursday, December 15, 2016

Review Manajemen Pustaka JIBAS Bagian 3

Review Manajemen Perpustakaan JIBAS
(Menu Peminjaman)

Menu Utama JIBAS
Menu Utama JIBAS
Lanjutan review pada bagian 3 ini adalah membahas tentang menu ketiga yaitu menu Peminjaman. Pada menu ini berisi 3 sub menu yaitu

    1. Peminjaman Baru, Berguna untuk memasukan data peminjaman buku atau pustaka pada pembahasan sebelumnya pada perpustakaan yang terdaftar di sistem JIBAS.
    2. Daftar Peminjaman, Berfungsi untuk menampilkan data peminjaman dengan opsi atau pengaturan pencarian data sesuai keinginan atau input dari pengguna
    3. Daftar Peminjam yang Terlambat, seperti namanya sub menu pada menu peminjaman ini berfungsi untuk menampilkan data pengembalian buku yang sudah melewati batas peminjaman, struktur tampilan data mirip seperti sub menu Daftar Peminjaman. 
Menu Peminjaman
Menu Peminjaman

Peminjaman Baru

Peminjaman Baru
Peminjaman Baru
Pembahasan : Pada sub menu ini berisi atau berfungsi untuk menginputkan peminjam dengan 3 kriteria (anggota luar sekolah, Pegawai, Siswa). Kelebihan pada sistem JIBAS ini, operator tidak perlu menginputkan secara manual karena setiap anggota telah terdaftar ke dalam bagianya masing" (anggota luar sekolah, Pegawai, atau Siswa), sehingga hanya "click and done" dan mempermudah operator juga efisiensi kerja.

Daftar Peminjaman 

Daftar Peminjaman
Daftar Peminjaman
opsi pengembalian
Opsi Pengembalian
Pembahasan : sub menu Daftar Peminjaman, berfungsi untuk menampilkan data" peminjaman dengan kriteria tertentu (100 peminjam terakhir, NIM siswa, NIP Pegawai, tanggal peminjaman, jadwal pengembalian), serta setiap range data memiliki indeks warna seberapa lama peminjaman berbanding jadwal pengembalian. Warna merah menandakan pengembalian yang terlambat. Pada sub menu ini juga terdapat opsi untuk perpanjangan peminjaman serta pengaturan jadwal peminjaman pada setiap range data.

 Daftar Peminjam yang Terlambat

opsi pengembalian
Opsi Pengembalian


 Daftar Peminjam yang Terlambat

Pembahasan : sub menu ini berbeda dengan sub menu Daftar Peminjaman, perbedaanya adalah pada sub menu ini hanya menampilkan data penyewa pustaka yang terlambat saja dengan opsi yang sama seperti sub menu Daftar Peminjaman yaitu :

    • Pemilihan range data (100 peminjam terakhir, NIM siswa, NIP Pegawai, tanggal peminjaman, jadwal pengembalian) .
    • terdapat opsi untuk perpanjangan peminjaman serta pengaturan jadwal peminjaman pada setiap range data seperti pada gambar diatas.
Sekian review pada kesempatan kali ini, tunggu review kami selanjutnya gan............ 👍

No comments:

Post a Comment