Sunday, December 4, 2016

Panduan Manajemen Keuangan JIBAS

JIBAS adalah sistem yang membatu instansi pendidikan dalam mengelola tugas - tugas atau pekerjaan di dalamnya seperti akademik, keuangan, perpustakaan, kepegawaian, pelaporan dan banyak lainnya. Pada artikel ini kita akan membahas review  manajemen Keuangan pada JIBAS. 




Pada kesempatan ini saya akan membahas fitur penerimaan pada keuangan di Jibas, di fitur ini terdapat kode rekening akuntansi, jenis-jenis penerimaan, tahun buku, transaksi penerimaan, multi payment dan laporan lainnya.




Pada rekening akuntansi kita bisa melihat kategori yang berisikan harta, piutang dll. Di sini kita diberi informasi terinci dari kode, nama dan keterangan. Kita juga bisa mencetak bukti tersebut dan menambah rekening perkiraan.




Kemudian pada jenis-jenis penerimaan kita bisa melmilih kategori dari iuran wajib siswa, iuran sukarela dll, juga dapat memilih jenis departemen seperti SD, SMP, SMA. Sama dengan rekening akuntasi kita dapat mencetak dan menambah jenis penerimaan.



Di tahun buku kita bisa melihat agenda apa saja menyangkut keuangan di departemen tersebut.


Selanjutnya di transaksi penerimaan kita dapat memilih departemen, jenis pembayaran, tahun buku. di sini kita dapati rincian dari apa yang sudah kita pilih.


Multi payment, kita bisa memilih departemen, tahun buku dan bisa juga memasukkan nama dari siswa yang akan kita cari.



Dan yang terakhir, Laporan keuangan, yaiut dari pembayaran perkelas, persiswa, siswa yang menunggak, perkelompok calon siswa, per calon siswa, calon siswa yang menunggak, penerimaan, tunggakan siswa, penerimaan lain dan jurnal penerimaan. Di sini kita dapat melihat rincian laporan keuangan dari apa yang kita inginkan.












Video Tutorial Keuangan Jibas: video tutorial keuangan jibas

No comments:

Post a Comment