Sunday, December 4, 2016

Sistem Informasi Akademik Menggunakan JIBAS

PENGERTIAN UMUM JIBAS

JIBAS adalah sebuah content yang di buat oleh Yayasan Indonesia Membaca untuk memudahkan Sekolah untuk Manajemen Sistem Informasi Akademik untuk salah satunya. JIBAS juga menyediakan fitur untuk guru maupun orang tua murid untuk dapat lebih mudah mengontrol muridnya melalui SMS Gateway. JIBAS juga menyediakan fitur Finger Print untuk memudahkan absensi guru, karyawan dan murid di sebuah Sekolah. 

9 Fitur JIBAS untuk Sistem Informasi Akademik Sekolah

JIBAS menyediakan 9 fitur untuk Sistem Informasi Akademik Sekolah yaitu, 

1. Dapat Menginput Nilai Siswa

Salah satu fitur JIBAS yaitu, dapat menginput nilai siswa. Fitur ini mempermudah guru di Sekolah untuk langsung menginput nilai siswa yang diajar tanpa harus menginput nilai siswa secara tertulis.

Tampilan Fitur Menginput Nilai Siswa

source: www.jibas.net
Mau tau caranya? klik disini

2. Laporan Ketidakhadiran Siswa

Fitur JIBAS yang berikutnya adalah dapat melihat laporan kehadiran dan ketidakhadiran siswa di sekolah tersebut. Fitur ini memudahkan orang tua untuk memantau anak-anaknya dalam kehadiran dan ketidak hadiran di sekolah.

Tampilan Fitur Ketidakhadiran Siswa
source: www.jibas.net
Mau tau caranya? klik disini ya

3. Laporan Nilai Rapor Siswa

Fitur laporan nilai rapor siswa ini berisi tentang seluruh nilai selama 1 semester. Isi dari fitur ini menampilkan nama, NIS, Nilai Akhir, Nilai Konsep, Nilai Praktik, dan Predikat, dimana Nilai Akhir ini terdiri dari beberapa komponen seperti Nilai Tugas, Nilai Quiz, dan Nilai UAS. Nilai Konsep terdiri dari Nilai Angka dan dan Nilai Huruf.

Tampilan Fitur Laporan Nilai Rapor Siswa

4. Pembuatan Jadwal Mengajar

Fitur pembuatan jadwal mengajar ini berisi tentang jadwal mengajar guru di sekolah tersebut, misal dikelas mana dia mengajar, dijam berapa dia mengajar, dst.
Tampilan Fitur Pembuatan Jadwal Mengajar

5. Pendataan Calon Siswa

Fitur ini memudahkan karyawan disekolah saat melakukan Pendataan Calon Siswa tanpa harus dilakukan secara manual.
Tampilan Fitur Pendataan Calon Siswa

6. Penentuan Nilai Rapor Siswa

Fitur ini berbeda dengan fitur Laporan Nilai Rapor Siswa, fitur ini lebih ke menginputkan nilai untuk rapor siswa sedangkan laporan nilai rapor siswa itu sudah menjadi sebuah hal yang pasti atau lebih tepatnya hasil dari proses belajar selama 1 semester.
Fitur Penentuan Nilai Rapor Siswa

7. Input Presensi Harian

Fitur ini mempermudah karyawan di sekolah untuk menginput presensi harian siswa yang ada di sekolah tersebut tanpa harus di lakukan secara manual.
Tampilan Fitur Input Presensi Harian

8. Statistik Calon Siswa

Fitur ini berisi tentang statistik calon siswa yang mendaftar di sekolah tersebut tanpa harus melihat statistik calon siswa tersebut dengan melihat satu per satu form pendaftaraan siswa.
Tampilan Fitur Statistik Calon Siswa

9. Statistik Presensi Siswa

Dalam fitur ini guru ataupun karyawan sekolah dapat melihat statistik kehadiran, izin, dan sakit siswa yang ada di sekolah tersebut. Misal,
Nama : Goudy Sulaiman
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hadir : 100%
Tampilan Fitur Statistik Presensi Siswa


Oke teman-teman semua mungkin itu saja yang kali ini saya sampaikan, bingung cara menginput data-data siswa disekolah anda menggunakan JIBAS? Tunggu update selanjutnya di blog ini.
Terima Kasih ^_^







No comments:

Post a Comment