Thursday, December 15, 2016

Review Manajemen Pustaka JIBAS Bagian 4

Review Manajemen Perpustakaan JIBAS

(Menu Pengembalian)

Menu utama JIBAS
Menu utama JIBAS
Review kali ini hampir sama sepert review sebelumnya yaitu sub menu peminjaman, karena pada prosesnya sama maka review kali ini hanya membahas tentang perbedaanya saja dan tentu saja penjelasan setiap fitur - fitur yang ada.

Menu Pengembalian
Menu Pengembalian
Terdapat 3 sub menu pilihan yaitu : Pengembalian Baru, Daftar Pengembalian, Daftar penerimaan denda. Pembahasan pertama yaitu tentang sub menu Pengembalian Baru.

 Pengembalian Baru

Pengembalian Baru
Halaman Pengembalian Baru
Pembahasan : Pada halaman ini user bisa menginputkan nama buku atau pustaka yang diinginkan, dan dikarenakan pustaka tersebut telah terdaftar maka akan secara otomatis ditampilkan data pustaka tersebut serta keterangan peminjam dengan detail atau jelas.

 Daftar Pengembalian

Daftar Pengembalian
Daftar Pengembalian
Pembahasan : Halaman ini hanya menampilkan daftar pengembalian dari buku - buku yang dipinjam oleh anggota baik itu dalam maupun luar sekolah. Pada tampilan data bisa di atur keluaran data dengan opsi seperti 100 pengembalian terakhir, NIS siswa, NIP pegawai, denda. Keunggulan lainya adalah data yang ditampilkan bisa di cetak atau print ou.

 Daftar penerimaan denda

Daftar Penerimaan Denda
 Daftar penerimaan denda
Pembahasan : sama seperti halaman Daftar Pengembalian disini data ditampilkan menggunakan tabel dengan opsi atau pilihan data yang akan ditampilkan seperti contoh : 100 pengembalian terakhir, NIS siswa, NIP pegawai, denda, tanggal pengembalian, terlambat. Selain itu juga kemiripan juga terdapat fitur untuk mencetak data atau print out dari data yang dipilih melalui JIBAS ini.

Kesimpulan 

Pada pembahasan menu pengembalian ini tidak terdapat banyak perubahan dan perbedaan dengan menu peminjaman atau pustaka, hanya data yang ditampilkan disini berfokus pada pengembalian pustaka yang disewa oleh anggota perpustakaan baik dari dalam (Siswa atau pegawai) atau anggota luar perpustakaan. Fitur untuk mencetak data juga ditambahkan untuk mempermudah penggunaan data diluar sistem JIBAS itu sendiri.
Sekian review kali ini, kunjungi selalu blog kami untuk review JIBAS selanjutnya........... 

No comments:

Post a Comment