Sunday, December 18, 2016

Review Manajemen Pustaka JIBAS Bagian 6.2

Review Manajemen Perpustakaan JIBAS

(Menu Pengaturan bagian 2)


Menu utama JIBAS
Menu Utama JIBAS
Pembahasan selanjutnya adalah tentang Konfigurasi Maksimal Jumlah Peminjaman, Konfigurasi Waktu Peminjaman, Konfigutasi Header Dokumen, Query Error Log.

    • Konfigurasi Maksimal Jumlah Peminjamansub menu ini adalah untuk melakukan pengaturan terhadap jumlah yang dapat dipinjam dari masing - masing anggota (pegawai, siswa, anggota non sekolah). Peminjaman disini adalah jumlah buku yang bisa dipinjam dalam sekali waktu. Selain itu juga adanya pengaturan denda terhadap keterlambatan pengembalian pustaka oleh semua anggota yang terdaftar.

    • Konfigurasi Waktu Peminjaman, sub menu ini fungsinya sama seperti pada sub menu Konfigurasi Maksimal Jumlah Peminjaman. Disini admin bisa mengatur jumlah lamanya peminjaman setiap pustaka atau buku yang dapat dilakukan oleh anggota (pengaturan dalam hitungan hari) dan pengaturan antar anggota (pegawai, siswa, non sekolah) dapat diatur masing - masing lama peminjamanya.

    Menu Pengaturan
    Menu Pengaturan
    • Konfigurasi Header Dokumen, hampir sama seperti penggunaan barcode yaitu untuk memberi identitas pada masing.
    • Query Error Log, berfungsi untuk melihat kesalahan - kesalahan pada sistem yang mirip seperti penggunaan history pada browser komputer.

Konfigurasi waktu peminjaman anggota
Konfigurasi Masimal Jumlah Peminjaman
Konfigurasi Maksimal Jumlah Peminjaman adalah untuk mengatur jumlah pustaka maksimal atau range jumlah peminjaman yang dapat di pinjam oleh anggota perpustakaan baik itu siswa, pegawai, atau anggota non sekolah. Gambar di atas merupakan pengaturan dari menu ini.
Konfigurasi Waktu Peminjaman
Seperti pembahasan sebelumnya konfigurasi pada sub menu ini sama seperti sub menu Konfigurasi Masimal Jumlah Peminjaman namun data yang diatur disini adalah lama waktu peminjaman dari masing - masing jenis anggota (Siswa, Pegawai, Anggota non sekolah) dan diatur dalam satuan waktu.
Error Log
Query Error Log
Konfigurasi Header Dokumen, Query Error Log kedua sub menu ini berfungsi untuk memberi identitas pada setiap dokumen atau data yang dimasukan kedalam sistem JIBAS serta melaporkan kesalahan pada sistem JIBAS ini atau biasa disebut error log.

 Kesimpulan

Review pengaturan bagian kedua ini pada dua pembahasan pertama adalah pengaturan lama pinjam dengan satuan waktu dan pengaturan banyaknya pustaka atau buku yang dapat disewa sekali waktu oleh anggota. Menu selanjutnya adalah untuk pengaturan dokumen pada sistem JIBAS ini dan pelaporan error atau error log kepada admin sistem ini.
Sekian tentang review manajemen perpustakaan JIBAS kali ini, terima kasih gan............... 

No comments:

Post a Comment