Sunday, November 27, 2016

JIBAS SMS Gateway

Sekilas Tentang JIBAS SMS Gateway

Pada pembahasan sebelumnya kita telah mengulas apa saja fitur yang di tawarkan oleh JIBAS, nah pada artikel kali ini saya akan lebih spesifik membahas mengenai salah satu fitur saja yaitu fitur SMS Gateway.

SMS Gateway
JIBAS SMS Gateway
 sumber: indiamart.com
JIBAS SMS Gateway merupakan sebuah aplikasi utama dari sistem informasi JIBAS itu sendiri yang mana aplikasi ini dibangun dengan tujuan untuk menyediakan dan atau menyampaikan informasi secara otomatis terkait akademik dan administrasi keuangan peserta didik maupun pengumuman sekolah melalui layanan SMS yang ditujukan kepada orang tua/wali dan peserta didik yang bersangkutan.

JIBAS SMS Gateway desktop

 Tampilan JIBAS SMS Gateway desktop version

JIBAS SMS Gateway web

 Tampilan JIBAS SMS Gateway web version

Pada aplikasi ini terbagi menjadi dua versi yang berbeda yaitu versi web dan versi desktop, dimana versi desktop lebih menyediakan layanan untuk pengaturan perangkat modem yang akan digunakn pada sistem yang nantinya juga akan terintegerasi dengan versi web nya. Sedangkan pada versi web terdapat banyak sekali fitur seperti melihat isi dari kotak masuk, mengatur format pesan atau draft untuk tiap keperluan, broadcast pengumuman serta melihat daftar kontak. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas lebih detail untuk tiap-tiap versi.

  • JIBAS SMS Gateway Desktop Version

    Pada versi desktop terdapat dua tab menu yaitu manajemen dan konfigurasi, pada tab manajemen kita bisa melihat riwayat sms keluar atau masuk, mengirim pesan, melakukan pemantauan pesan dan bahkan pengecekan pulsa.

    Menu pada JIBAS SMS Gateway desktop

    Menu pada aplikasi JIBAS SMS Gateway versi desktop

    Selanjutnya pada tab konfigurasi kita dapat mengatur koneksi basis data seperti alamat ip server basis data dan lain lain. Adapun pengaturan untuk modem yang digunakan pada sistem, baik itu pengaturan operator yang digunakan pada tiap modem yang terpasang pada sistem dan bagaimana pembagian auto respon untuk tiap tiap operator yang berbeda.

    Menu pada JIBAS SMS Gateway desktop

    Menu pada aplikasi JIBAS SMS Gateway versi desktop


    Menu pada JIBAS SMS Gateway desktop

    Menu pada aplikasi JIBAS SMS Gateway versi desktop


  • JIBAS SMS Gateway Web Version

    Pada versi web terdapat delapan menu utama antara lain kotak masuk, presensi, penilaian, pengumuman, kritik dan saran, buku telpon, pengguna dan logout.

    Menu pada JIBAS SMS Gateway web

    Menu pada aplikasi JIBAS SMS Gateway versi web


    Pada menu kotak masuk, kita bisa melihat semua pesan yang masuk kedalam sistem, kemudian menu presensi dan penilaian yang di dalamnya terdapat pengaturan format atau draft pengiriman untuk melaporkan data presensi dan penilaian kepada orang tua, lalu menu pengumuman yang digunakan untuk mem broadcast pengumuman kepada orang tua maupun peserta didik. Tidak ketinggalan menu kritik dan saran yang memperlihatkan tentang keluhan dan saran, lalu terdapat menu kontak yang di dalamnya kita dapat melihat daftar nomor telpon para stakeholder. Adapun menu pengguna untuk mengganti password admin dam mengelola user lain, dan menu logout untuk keluar dari sistem.

No comments:

Post a Comment