Sunday, November 27, 2016

Fitur interaksi pada jibas dan Manfaatnya Untuk Manajemen Akademik Sekolah

Fitur-fitur yang ada di jibas serta manfaatnya


tampilan utama


JIBAS adalah kepanjangan dari jaringan informasi bersama antar sekolah yang meruakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh Yayasan Indonesia Membaca yang bertujuan untuk memudahkan para pegawai, guru, siswa dan para orang tua di sekolah dan lembaga sekolah untuk memanajemen siswa yang ada pada sistem informasi akademik, keuangan, perpustakaan, kepegawaian, pelaporan, dsb. JIBAS ini juga dibuat untuk memudahkan dan memberikan pelaporan sebagai bukti dari guru maupun orangtua untuk mengkontrol siswa dengan menggunakan bantuan SMS Gateway dan juga auto respone yang ada pada fitur JIBAS tersebut. 

Dari sini saya akan menjelaskan fitur-fitur yang ada pada aplikasi jibas tersebut :

  •      Fitur akademik

fitur akademik
Pada bidang Ini terdapat banyak menu yang bisa d ipilih olehpara guru dan orag tua siswa untuk melihat perkembangan dan akademik para siswa yang mana di sana juga di jelasakan dan di berikan menu adwal, nilai , absensi dan lain-lain yang menyangkut kepada para guru dan siswa.

  • Fitur keuanagan

fitur keuangan

Pada fitur ini terapat menu untuk meliat berapa jumlah pemasukan, pengeluaran dan laporan jumlah keuangan dari sekolah tersebut dan juga pada fitur ini akan menampilkan ukti tansaksi ang di lakukan olehpihak sekolah untuk membeli atau Melakukan pembayaran.

  • Fitur perpustakaan

fitur perpustakaan

Pada fitur ini terdapat enu-menu yang umum ada pada perpustakaan yakni seperti fitur peminjaman, ynag mana fitur tersebut akan meampilkan siapa dan buku apa yang di pinjam oleh siswa maupun guru dan juga fitur pengembalian yang fungsi nya adalah sebagai pengembalian buku yang di pinjam fitur ini dilakukan secara online dan juga pad afitur ini terdapat fitur pustaka yakni pendataan buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah tersebut.

  • Fitur kepegawaian

fitur kepegawaian

Pada bidang ini tedapat fitur yang mana fitur tersebut akan merekap absensi para pegawai dan juga terdapat menu yang erisikan data-data para pegawai di sekolah tersebut.

  • Fitur pelaporan

fitur pelaporan

Pada fitur ini terdapat 4 menu yang membantu para guru untuk mengontrol para siswa yakni :
a.      Rekapitulasi informasi siswa
b.      Melihat rata-rata nilai siswa
c.      Statistika para siswa
d.      Statistika nilai rapor para siswa

  • Fitur anjungan informasi

fitur anjungan informasi

Pada fitu ini menyajikan menu seperti berita-berita terbaru mengenai sekolah, informasi belajar siswa dan lain-lain yang mana fitur ini berisikan kegiatan atau informasi yang menyangkut kepada sekolah tersebut.

  • Fitur info guru

fitur info guru

Pad afitur ini beriskan berbagi menu ta=yang menyangkut terhadap guru tersebut seperti info guru, berita sekolah dan juga berita siswa yang mana pada berita siswa para guru harus mengetahui nya dan banyak lagi fitur yang lainnya.

  • Fitur info siswa

fitur info siswa

Pada fitur ini menyajikan menu yang bersangkutan terhadap siswa seperti pean guru yang di berikan kepada siswa agenda para siswa dan file-file mata pelajaran para siswa.


  • Fitur SMS gateway

fitur sms gateway

Pada fitur ini menyajikan call center terhadap data-data para siswa yang mana menyajikan beberapa menu seperti presensi, penilaian, kritik dan saran dan lainnya yan mana fitur ini beguna untuk memberikan informasi .

  • Fitur auto respone

fitur auto respone

Pada fitur ini memiliki fungsi yang sama terhadap sms gateway, tetai pada fitur ini akan memberikan dan mengirim sms kehadiran penilaian dan semua tentang siswa tersebut untuk di kirim ke orang tua mereka.

  • Fitur photo take

fitur photo take

Pada fitur jibas juga menyajikan poto take yang mana d gunakan untuk mengambil gambar para guru maupun siswa untuk di gunakan sebagai tand apengenal dan akan di tempelkan pada kartu pengenal.

  • Fitur fingerprint

fitur fingerprint

Pada fitur ini jibas memerikan fitur yang lebih baik yakni fingerprint yang mana di gunakan untuk para murid dan guru melakukan absensi secara otomatis tanpa manual, hanya dengan menempelkan jari mereka ke alat mesin nya dan pada system pusat akan menamailan nama guru atau siswa dan juga kelas nya.

  • Fitur letter store

fitur letter store

Pada bidang ini yakni menyajikan menu untuk pengintergrasi an untuk pengarsipan dan digitalisasi surat masuk atau surat keluar untuk para guru maupun siswa.


       baiklah untuk memperjelas apa-apa saja fitur yang ada pada jibas, klik dan lihat pada video berikut :


       Video review fitur interaksi jibas 1
     Next :





















b

b
B
B




No comments:

Post a Comment